Langka, Ikan Cupang Alam ini Harganya sangat Mahal

Betta imbellis (Slugger's Betta)

Betta imbellis adalah sejenis cupang yang terdapat Medan Indonesia dan Malaysia yang memiliki bentuk tubuh silinder dan memiliki warna tubuh hijau tua atau biru cemelang, kepalanya berbentuk bulat panjang dan berwarna hitam legam.


Sirip ingsang berwarna hitam transparan. Namun kerap di jumpai sirip insang berwarna merah adapun sirip anal pendek dan berwarna merah dengan ujung berwarna putih,sirip ekor dan perut berwarna merah dan tepi sirip berwarna hijau atau biru. Sementara sirip punggung berwarna hijau atau biru dihiasi dengan bercak warna hitam. Cupang ini merupakan cupang yang asli dari perairan Indonesia dan kerap dijadikan cupang aduan.

Betta Mahachaiensis


Betta Mahachaiensis ini berasal dari Thailand. Cupang ini adalah cupang yang membangun sarangnya dengan busa (bublle nest). Betta mahachaiensis berwarna hijau metalik. Ikan ini sering termasuk ikan cupang yang sering diadu

Betta Picta (Painted Betta)


Betta Picta ini berasal dari pulau Jawa. Jenis cupang ini mudah untuk diternakan. Sayangnya jenis cupang ini warnanya tidak semenarik saudara-saudaranya sehingga kurang diminati dipasaran. Betina jenis cupang ini (betta picta) kadang suka berkelahi dengan jantannya sehingga sebaiknya dipisahkan apabila ini terjadi

Betta Patoti

Betta Patoti ini berasal dari Kalimantan.

Betta Smaragdina (Emerald Betta)

Betta Smaragdina ini berasal dari negara kamboja. Tubuh betta smaragdina berbentuk pipih dan berwarna hijau kehitaman dengan kepala pendek berwarna kehitaman.Sirip insang berwarna hitam transparan.

Adapun sirip analnya berukuran sedang dan berwarna hitam dengan bagian ujung berwarna putih kehijauan, sirip perut dan sirip ekor berwarna hijau tua dengan totol-totol hitam. Sementara sirip punggung berwarna hijau muda dihiasi bercak hitam. Ukuran panjang saat dewasa yaitu 6cm.  
Itu tadi beberapa jenis ikan cupang / betta spesies yang ada di alam liar, namun keberadaanya kini banyak di cari oleh para kolektor maupun para pecinta ikan cupang di seluruh dunia pasalnya ikan cupang alam ini sudah langka dan jarang di temui di alam liar. 
Previous Post
Next Post

0 komentar: